Wisuda Akbar Indonesia Menghafal 8 sudah di depan mata. Kegiatan yang rutin digelar PPPA Daarul Qur’an ini akan dilaksanakan pada Ahad, 22 Oktober mendatang bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

Menjelang acara ini, PPPA Daarul Qur’an mengundang seluruh pimpinan cabang dan  koordinator daerah Rumah Tahfizh Center (RTC) dari seluruh Indonesia, Selasa (29/8). Rapat koordinasi yang bertempat di Hotel Siti, Tangerang ini digelar hingga Rabu (30/8).

Ketua Panitia Wisuda Akbar Ustad Sholehuddin mengatakan tak hanya di Indonesia, Wisuda Akbar akan digelar di 15 negara lain seperti Palestina, Mesir, Hongkong, Taiwan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Turki, Arab Saudi, Malaysia, Korea Selatan, Sudan, Jerman, Jordan, Syiria dan Lebanon. “Di Indonesia sendiri acara ini dilaksanakan di 12 Provinsi, 16 Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Ustad Sholeh sapaan akrabnya berharap, semakin banyak lahir penghafal Qur’an di Nusantara maupun belahan dunia lainnya dari gelaran ini. “Mudah-mudahan, Wisuda Akbar ini bisa membentuk embrio agar rumah-rumah tahfizh tak hanya ada di Indonesia tapi juga di negara-negara lain khususnya yang ikut dalam acara ini,” ucapnya.

Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an Tarmizi As Shidiq menuturkan, gelaran Wisuda Akbar merupakan salah satu ikhtiar menciptakan kader-kader tahfizh yang kualitas hafalannya baik. Ke depan acara ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada 22 Oktober. “Wisuda Akbar akan menjadi bagian dari kurikulum RTC untuk menuju Wisuda Tahfizh Nasional (WTN),” ujarnya.

Perhelatan Wisuda Akbar kata Tarmizi, juga merupakan salah satu upaya PPPA Daarul Qur’an mewujudkan cita-cita Membangun Indonesia dan Dunia dengan Alqur’an dan mimpi besar Mendirikan 100 Pesantren di 100 Kota 5 Benua. “Maka target di tahun-tahun selanjutnya, Wisuda Akbar harus dilaskanakan di seluruh dunia,” ucapnya.

Dalam Wisuda Akbar 8, surat pilihan yang menjadi materi hafalan adalah Surat Al Fath untuk masyarakat umum. Sementara juz 1, 5, 10, 15 20, 25, 30 untuk santri-santri rumah tahfizh. Ustad Yusuf Mansur dan sejumlah narasumber internasional, nasional maupun lokal akan mengisi tausiyah dalam acara ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *