Setiap moment adalah hikmah. Kemarin (25/12)  PPPA Daarul Qur’an Jawa Timur menggelar hajatan akbar *Ujian Tahfizh Jatim Menghafal*. Sungguh langkah besar demi membumikan alquran di seluruh kota sampai pelosok jatim.

Kemegahan gedung Al-Asyari Universitas Islam Malang menjadi saksi lantunan ayat-ayat suci yang dibacakan santri. Mengharukan, bagaimana tidak, sekitar 3000 peserta dari santri rumah tahfizh Daarul Quran sewilayah jatim dan masyarat umum siang tadi berbondong-bondong menunjukkan bagaimana kecintaannya pada alquran.

Seragam yang dipakai santri pun bak pelangi yang menghiasi gedung bundar megah tersebut. Mulai dari santri yang berasal dari Madura, Lumajang, Jember, Probolinggo, sampai Bojonegoro dan Lamongan. Hanya binar semangat yang terpancar saat hendak mengikuti ujian.

Prosesi ujian berlangsung bersamaan dengan pembukaan acara wisuda tahfizh Jatim Menghafal. Para santri dari Rumah Tahfidz Kepuh memimpin menyanyikan lagu Mars Daarul Qur’an. Sedangkan santri Rumah Tahfidz Daarul Quran Surabaya  menyanyikan lagu Indonesia Menghafal Qur’an. Adapun, Iqbal dan Hasna dua santri penerima beasiswa tahfidz quran didapuk menjadi pembaca tilawah dan sari tilawah.

“Alhamdulillah, saya senang banyak generasi belia sampai tua bersemangat menghafal Alquran. Saya sangat senang apabila institusi pendidikan juga mendukung kegiatan dakwah alquran”, tutur Maskuri, selaku rektor Universitas Islam Malang.

Puncak acara adalah Tausiyah dari Kiyai Ahmad Kosasih. Beliau menyampaikan keistimewaan hidup bersama Al-qur’an. Kemudian, Kyai Ahmad Kosasih memimpin pembacaan ikrar Wisudawan dan Wisudawati dengan khusyu’ dan tenang.

Menariknya, ada pemberian hadiah untuk peserta termuda dan mewakili yang usia tua. Muhammad, si kecil yang berusia 2 tahun dari probolinggo mengikuti ujian surah pilihan An-Naba’. Sedangkan Ibu Mamik Nurahayu yang merupakan donatur setia Daarul Qur’an Malang mengikuti ujian surah An-Naml.

Alhamdulillah, kendati sangat dipadati peserta acara, namun semua prosesi ujian sampai wisuda terlaksana dengan lancar. Begitupun stand bazar sangat ramai dikunjungi peserta. Begitu banyak berkah dan hikmah kebaikan yang dipelajari, dari santri, penguji, institusi pendidikan, panitia, dan masyarakat umum.

Dengan penuh ketulusan dan kerendahan hati kami dari segenap panitia PPPA Daarul Qur’an Jawa Timur menghaturkan ucapan terimakasih yang teramat besar kepada Bapak Maskuri selaku rektor Unisma dan segenap jajaran pimpinan dan staf institusi pendidikan Unisma.

Tak pernah terlupakan kami mengucapkan terimakasih kepada semua donatur setia @daqumalang dan @daqusby yang telah mendukung kegiatan wisuda tahfizh ini sehingga bisa berjalan lancar. Semoga keberkahan rezeki dan kebaikan senantiasa Allah SWT limpahkan kepada para donatur dan semua pejuang dakwah Al-qur’an. Amiin ya Rabbal Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *