Alhamdulillah pada sabtu (1 september 2017) Tim Qurban Ekspedisi Surabaya  bersama tim PPPA Surabaya mengawali perjalanan menuju lokasi rumah pemotongan hewan (RPH) yang berlokasi di Desa Putat, Tanggulangin, Sidoarjo. Tiba disana jam 14.30. Untuk mengecek kesiapan. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju lokasi tempat pembekuan daging qurban.

Sepanjang perjalanan pun selalu riuh dengan iring-iringan takbir dan tabuhan ala kadar mereka.Seperti tak mau kalah dengan semangat syiar mereka, tim Qurban Ekspedisi dan tim PPPA Daarul Qur’an Surabaya menyusun rencana untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang sudah dikirim ke lokasi titik distribusi dalam keadaan hidup, serta hewan qurban yang akan di sembelih di RPH.

Dua lokasi telah menunggu kedatangan tim Qurban Ekspedisi yaitu di Kec.Paciran, Lamongan dan Kec.  Bareng, Jombang. Karena dua lokasi ini merupakan titik distribusi penyembelihan beberapa hewan qurban. Selebihnya penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lokasi RPH, kemudian distribusi ke rumah tahfidz serta masyarakat umum.

Bismillah…setelah tim berdiskusi diambil kesepakatan rute pertama menuju Jombang untuk berkordinasi dengan  kordinator warga penerima hewan qurban.

Setelah persiapan semua atribut tertata rapi di kotak belakang motor, selitar jam 21.30 (malam takbiran) tim siap berangkat menuju Jombang dan  Lamongan.

Informasi dari google maps mengarah ke sisi selatan kota Jombang, lebih kurang 85 KM jarak yang akan kita tempuh dari kantor PPPA Daarul Qur’an Surabaya. Sedikitpun tak membuat nyali kita ciut, apa yang sudah menjadi amanah harus tetap kita pegang teguh.

Setiba di lokasi waktu sudah menunjukkan pukul 01:00 WIB. Udara dingin pun makin menyusuk, dengan berbekal sarung dan jaket tim pun beristirahat di Masjid Baitul Makmur yang menjadi lokasi penyembelihan qurban di wilayah Jombang. Wajah lelah pun tak bisa disembunyikan lagi, hampir tiap menit selalu berganti yang menguap. Pertanda mata butuh sedikit istirahat. Hanya 2 jam waktu istirahat yang harus dimaksimalkan, karena jam 4 jamaah pun silih berganti berdatangan untuk beri’tikaf menunggu adzan subuh berkumandang. Meski demikian 2 jam yang berlalu sudah menjadi obat dari segala letih, semangat pun harus terus dipompa untuk memulai sederet aktifitas tim Qurban Eksepedisi wilayah PPPA Cabang Surabaya.

Di Dusun Banjaragung, Desa Banjaragung, Bareng, Jombang, 20 kambing siap dieksekusi untuk menebar kemanfaatan di wilayah tersebut.

Alhamdulillah, atas izin Allah aktifitas demi aktifitas pun sudah diselesaikan dengan lancar.
Semoga amanah dari para pequrban bisa tersalurkan dengan baik.
Tak selesai disitu, jam 10:30(Jum’at 1/09) tim Qurban Ekspedisi melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lamongan. Tepatnya di Desa Sidokumpul, Paciran, Lamongan.
Cukup jauh, sekitar 125KM dari persinggahan yang pertama.
Tak pelak, tim harus beristirahat untuk sholat Jumat di perbatasan Kabupaten. Persis pukul 14:30 WIB, “touch down”. Jarak yang cukup amazing untuk rute Surabaya-Jombang-Lamongan dalam waktu sehari semalam.

Tak pernah merasa lelah untuk menebar manfaat bagi sesama, terutama bagi mereka yang menghafal Al Qur’an..

“Terima kasih dan Semoga pahala keberkahan untuk masyarakat yang telah mempercayakan penyaluran hewan qurban melalui Qurban Istimewa (QUIS)” Ucap Bapak Nanang, selaku koordinator tim distribusi QUIS wilayah Jatim.

Lanjutnya “Dan semoga menjadi penambah kebahagiaan bagi para penerima daging hewan qurban”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *