Rumah Tahfidz Center adalah unit program PPPA Daarul Qur’an yang bertanggungjawab atas pelaksanaan program Rumah Tahfidz di Indonesia dan luar negeri meliputi pembinaan, pengawasan, dan pengembangannya. Sejak digagas oleh Ust. Yusuf Mansur rumah tahfidz telah melahirkan ratusan santri- santri kader penghafal Al Qur’an dengan ribuan rumah tahfidz diseluruh Indonesia dan di luar negeri seperti di Jepang, Gaza, Hongkong, Afrika Selatan dll.

Rumah Tahfidz

  • Rumah tahfidz adalah aktivitas menghafal Al-Quran, mengamalkan, dan membudayakan nilai-nilai Al-Qur’an dalam sikap hidup sehari-hari berbasis hunian, lingkungan, dan komunitas.
  • Rumah Tahfidz adalah embrio dan gerbang membangun masyarakat dengan dakwah Al-Qur’an untuk mencapai terwujudnya masyarakat madani yang punya nilai-nilai keislaman dalam wujud perilaku kehidupan.
  • Rumah Tahfidz adalah agen perubahan masyarakat
  • Rumah Tahfidz adalah sarana untuk membangun kemandirian masyarakat

Tujuan

Rumah Tahfidz Center (RTC) dibentuk untuk melaksanakan fungsi dan peran penataan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan gerakan Rumah Tahfidz di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Sasaran Program

Sasaran Program Rumah Tahfidz Center adalah masyarakat muslim.

Kategori Rumah Tahfidz:

  • Rumah Tahfidz Daarul Qur’an

Rumah tahfidz yang didirikan dan dibiayai sepenuhnya oleh lembaga PPPA Daarul Qur’an.

  • Rumah Tahfidz Mitra

Rumah Tahfidz yang didirikan atas kerjasama antara Rumah Tahfidz Center dengan individu, lembaga, komunitas, perusahaan dan lain-lain, dengan pola kerjasamanya sebagai berikut: kerjasama pendanaan, kerjasama penempatan sdm pengajar, kerjasama branding rumah tahfidz.

  • Rumah Tahfidz Mandiri

Rumah tahfidz yang didirikan atas inspirasi dari rumah tahfidz PPPA Daarul Qur’an dengan status rumah tahfidz pribadi, yayasan, lembaga dan komunitas. Biaya operasional sepenuhnya dibiayai oleh pengelola  rumah tahfidz yang bersangkutan.

icon-sedekah-sekarang