Berakhir sudah seluruh rangkaian acara gebyar muharram yang diadakan PPPA Daarul Quran Surabaya. Terlaksananya lomba mewarnai dan duta quran serta talkshow bisnis yang bekerjasama dengan jazeerah production merupakan acara penutup setelah doa untuk negeri yang diadakan di masjid asassul a’mal senin lalu (10/09). Event berlangsung selalu dua hari (22-23/09) di city of tomorrow (cito mall) Surabaya.

Lomba duta quran terbagi menjadi 2 kategori yakni duta quran kategori A dan duta quran kategori B. Peserta dari duta quran kategori A berasal dari beberapa sekolah yakni Surabaya, sidoarjo, pandaan, dan lamongan, sedangkan peserta duta quran kategori B diwakili oleh santri rumah tahfizh dari Surabaya dan probolinggo. Poin utama dalam penilaian lomba duta quran kategori A dan B adalah kelancaran bacaan, lalu tajwid atau fashohah serta adab dan lagu. Perlombaan duta quran untuk setiap kategori berlangsung selama 1 jam, masing-masing peserta diberikan waktu 5 menit untuk menjawab soal yang diberikan oleh juri. Soal dari juri terdiri dari sambung ayat dan membacakan surat yang diminta oleh juri.

Setelah berdiskusi cukup panjang, maka juri memutuskan untuk juara 1 lomba duta quran A diberikan kepada Hanun Haula dari MI El Rahmah Surabaya, Juara 2 yakni Shafa Salsabila K dari SDIT At-Taqwa Surabaya dan Juara 3 yakni Yasmin Syakirah Riby dari SD Muhammadiyah Pucang. Sedangkan juara 1 untuk duta quran kategori B diberikan kepada Aisy Safira dari rumah tahfizh putri daarul quran, juara 2 diberikan kepada Nur Fadilla dari rumah tahfizh probolinggo dan juara 3 diberikan kepada Diana Novitasari dari rumah tahfizh putri daarul quran.

Ahad (23/09), event lomba mewarnai yang diikuti oleh 32 peserta dari PAUD dan TK dari beberapa sekolah di Surabaya. Kriteria penilaian yang diberikan yakni ketelitian, komposisi warna dan kerapian serta keindahan dan ketepatan waktu pengerjaan selama 1 jam. Stelah melakukan diskusi pihak panitia memutuskan juara 1 lomba mewarnai diberikan kepada Shafira Azzalea dari RA Perwanida Tanggulangin, juara 2 diberikan kepada Yasmin Husnia dari TK Masyitoh Surabaya dan juara 3 diberikan kepada Naila Rosyidatul A dari RA Roudhotul Ulum Kebonsari.

Tanggapan positif juga kami dapatkan dari salah satu orang tua yang mengantarkan anaknya mengikuti lomba duta quran yang mengapresiasi adanya acara yang diselenggarakn oleh PPPA Daarul Quran Surabaya, “Alhamdulillah, terima kasih informasinya mas, semoga kalo ada acara lagi ananda bisa ikut lagi. Dibuat pengalaman agar tidak demam panggung,” tegasnya. Dengan berakhirnya sesi pengumuman lomba mewarnai maka berakhir pula serangkaian acara gebyar muharram yang diadakan oleh PPPA Daarul Quran Surabaya, harapan terakhir dari orang tua juga agar event seperti ini dapat diadakan di setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *